Friday, 15 March 2013

Secuil Cerita Berhargaku Bersama IIDN

Friday, 15 March 2013


Baru setengah tahun kurang lebih aku berada dalam grup IIDN (Ibu-ibu doyan Nulis). Grup keren dan sangat inspiratif yang kutemukan secara tak sengaja di FB. Membaca judul grupnya saja aku langsung tertarik. Klik! joint this group. Alhamdulilah tidak berselang lama, permintaan gabungku di approve oleh Markomnya yang cantik dan baik hati serta tidak sombong, Lygia Pecanduhujan yang biasa dipanggil Teh Gia. 

Awalnya aku hanya silent rider dan belum berani buka mulut hihihi, masih malu. Aku hanya mengamati dan juga pertama kali membaca tata tertib dalam grup. Selang satu bulan berlalu. Aku semakin tertarik dengan berbagai postingan dari anggota grup. Postingan-postingan hasil karyanya yang tembus media. Juga postingan-postingan tentang berbagai event yang diadakan oleh IIDN. 



Aku masih hanya sebagia silent rider sampai aku memberanikan ikutan kuis waktu itu kuisnya mbak Sri Widiyastuti, kalau tidak salah. Kuis tentang impian dalam hidup. Walau tidak menang, setidaknya menjadi pembuka dan modal keberanianku untuk aktif dan berusaha mengenal anggota grup. 

Aku juga masih menebak-nebak. Mbak ini siapa, mbak itu siapa. Dan akhirnya aku tahu bahwa founder grup ini adalah Teh Indari Mastuti. Aku juga tahu mbak Nunu el Fasa itu adalah Duta Buku IIDN, yang sering iklanin buku he he. Aku penasaran dengan buku-buku yang ditawarkan, sepertinya sangat menarik. Aku lihat-lihat di album juga. Aku akhirnya pesan buku awalnya Cuma 2, Ternyata menulis itu gampang dan Kamus Popular istilah Islam. Eh karena ada pemberitahuan jika order lebih dari 150.000 akan dapat bonus. Ya sudah aku pesan lagi 2 yaitu storycake Amazing moms dan Creative dengan Word. Bonusnya manisan dragon he.. he... kalau mau tahu kayak apa manisannya, pesan aja ya hihihi.



Trus ada kuis foto narsis bareng buku IIDN. Nah kebetulan. Aku kan dah punya bukunya, aku ikutan deh. anakku yang ada di foto, uminya masih malu-malu he..he. eh aku awalnya kira bahwa buku-buku yang kubeli adalah terbitan indscript eh ternyata Indscript Creative itu agensi naskah yang sudah menelurkan buku-buku para ibu keren diberbagai penerbit mayor yang top.


Nah, trus waktu itu juga ada event antalogi taubat yang digarap mbak Candra Nila Murti, yang sudah ku add sebelumnya. Ku add karena dia berasal dari Jogja. Sapa tahu bisa ketemuan. Eh ternyata beliau tinggal di Sukoharjo. Aku belum tahu ternyata ada juga grup  IIDN Jogja, yaitu IIDN yang berada di wilayah Jogjakarta. sayang tidak begitu aktif. . Aku tidak sempat ikut event beliau ini. Belum ada ide yang nyangkut. Kebetulan tak berselang lama, ada audisi lagi dari mbak Nunu, yaitu antalogi Amazing Rezeki. Aku ikutan. Sayang, aku tidak lolos. Tak apa, memang aku masih belajar. 

Benar saja, ada event antalogi lagi! Ada Ummi Ayesha dengan storycake thankful heartnya. Dan Alhamdulilah aku lolos!

Hemm...di IIDN ini aku manfaatkan betul kelas-kelas yang ada terutama kelas nulis, dan juga kelas blog. Aku berusaha aktif disetiap kelas. Berkenalan dengan guru-guru kelas diantaranya yaitu: 

1. Mbak Skylashtar Maryam. waktu itu beliau menjadi PJ kelas curnyol (curhat konyol) darinya, aku sedikit banyak tentang menulis cerpen.

2. Teh Lygia yang isi kelas curnyol juga, memberi semangat kepada anggota IIDNers (istilah dari beliau) menerapakan prinsip: Nulis, kirim, lupakan. 

3. Mbak Lita Alifah. berkat dia,  aku jadi punya blog… he..he...

4. Mbak Anna Farida. berkat kelas EYD nya  aku jadi ngerti sedikit tentang EYD dan jadi tahu tentang CN

5. Mbak Hayu Hanggani. Kelas masak, bikin ngiler terus he..he

6. Mbak Afin Murtiningsih, kelas Marital Sharing dan  parentingnya, seru banget apalagi kalau bahas tentang suami he..he

7. Mbak Dewi Laily Permatasari, kelas bedah rumah. jadi semakin bersemangat untuk memiliki rumah impian he..he.

8. Mbak Dewi Muliyawan, Ari Kurnia, Tri Wahyuni Zuhri , kelas bisnisnya sangat inspiratif.

9. Mbak Rika Tjahyani, belajar nulis profil ternyata asyik loh...

10. Mbak Honney Mifathuljannah, kelas Zona bebas, asyik banget bisa gali ide dan juga pompa semangat untu nulis.

11. Mbak Isnaeni DK, kelas kisah hikmah, top banget, yang beri motivasi serta inspirasi untuk kirim rubrik nuansa wanita di majalah UMMI.

12. Mbak Roza Rianita, kelas Craftnya sangat kreatif dan menarik. mupeng, pingin bikin...

13. Mbak Noor Ruly Abyz Wigati, kelas parenting tentang tumbang anak dan sebagainya. bermanfaat banget bagi para ibu dan calon ibu.

14. Mbak Nunu el- Fasa, dengan kelas resensinya , nah ini dia yang aku suka. aku jadi tau nulis resensi. aku juga bisa jebol kirim resensi. makasih ya mbak...:-)

15. mbak Vivera Siregar, dengan kelas fotografinya, keren banget jadi ngerti dikit ttg foto memfoto...:-)

16. mbak Trance Taranokanai dengan kelas desainnya, keren banget...:-)

Selain guru kelas, aku juga belajar dari para guru hebat lainnya. mbak Ririn Handayani, mbak Arin Murtiyarini, mbak Candra Nila Murti. mbak Sri Rahayu, mbak Ayunin, mbak Utari Giri, mbak Siti Maryamah, Mbak Naqiyyah Syam, mbak Nurisma Fira. Mereka sangat baik dan perhatian pada siapa pun yang bertanya atau pun sekedar sharing tentang hal-hal pribadi . Teman-teman lain juga tak kalah ramahnya, teman-teman seperjuanganku:  Mbak Diah Kusumastuti, mbak Rizki D. Muhajar, mbak Hana Sugiharti, mbak Shinta Rini, mbak Maya Dewi, mbak Rachmawati, mbak Imaz Karim, mbak Aisha Khairunnisa, mbak Tini Djajadi, mbak Liza P Arjanto, dan semuanya yang tidak bisa kusebutkan satu-satu. 



Dan pada suatu pagi,  aku dikejutkan oleh message mbak Ririn, tulisanku nongol di Jawa Pos. Rasanya tak percaya, padahl baru sekali kirim. kirim hari Sabtu sore, Selasa pagi dimuat. Alhamdulilah itulah jebol  mediaku yang pertama,  bertepatan juga dengan anugrah IIDN in the Month.  Prestasi lanjut aku resensi di majalah POTRET, Opini dia harian Analisa dan Nuansa Wanita UMMI. Dan itu semua aku kirim satu naskah pertama kali lolos. Alhamdulilah sesuatu banget...:-)







Sampai bulan Februari kemarin aku ikut pelatihan WRITERPRENEUR. pelatihan menulis, bagaimana membuat sebuah buku. pelatihan bagi siapa yang ingin menerbitkan buku. Kelasnya asyik, pesertanya keren, cerdas dan baik-baik. Dan, Finalnya, aku lolos di penerbit GPU pada WP 1. Sekarang aku masih harus berkutat dengan tesis yang belum juga rampung dan juga mengejar  DL. Doakan ya IIDNers semua....



Terakhir aku ucapakan: Terimakasih pada Teh Indari Mastuti, Teh  Lygia, guru-guru kelas, seluruh sahabat IIDN dan alumni WP 1. Jika ada kata yang tidak berkenan, atau postingan dan komentar saya yang tidak berkenan di hati. Saya mohon maaf karena salah adalah pasti bagi manusia dan kebenaran hanyalah milik Allah semata. 

Bismillah. Tetaplah berkarya ibu-ibu, jayalah IIDN maju  terus pantang mundur. wow kereeen....:-)

Oh iya ada WP yang kedua loh, segera ikutan, cuma membayar Rp 50rb saja, gak akan rugi deh. ada kelas nulis artikel juga nih...buruan daftar...klik IIDN



Itulah seculi cerita berhargaku, dalam rangka kuis kamis IIDN yang digawangi oleh duta buku yang cantik dan ceria, mbak Nunu el Fasa.

38 comments:

  1. kereeeennnn deh, sudah menghasilkan karya seperti IIDN yang lain hehe aku kapan ya mb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah segera mbak Lita...dirimu juga keren...saling support n mendoakan ya...

      Delete
  2. keren banget mbak..yakin deh ini juaranya...hehehehehhe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. he2...belum tentu mbak...selera juri kan gak tau he2. btw, makasih ya dah mampir...

      Delete
  3. Hmmmmm senang dengan kesuksekan teman ku yang satu ini.. Makin berkibar semoga saja aku juga ketularan berkibar muah muahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....yup, saling support dan doakan ya...mmmmuah balik...

      Delete
  4. tulisannya bagus, pencapaiannya luar biasa...semoga makin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin...makasih mbak, dah mampir...:-)

      Delete
  5. pokoknya keren deh... produktif banget mbak Nunung ini :)

    ReplyDelete
  6. bagus...bagus banget! favorit dah... jadi ngeper, hehehe.
    wow...asyik, namaku ikut disebut-sebut :D nice to know u, Mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, makasih ya...nice to know you too sist...:-)

      Delete
  7. Asyiiik... namaku ikutan disebut, semoga menang ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. aih senangnya ada mbak Ayunin, Aamiin...makasih mbak...:-)

      Delete
  8. keren..melesat bagai kilat (y).. asyik ada namaku ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, makasih ya mbak dah mampir...:-)

      Delete
  9. Moga tambah lancar jaya, Mbak Nunung...:)

    ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin....makasih mbak Ira...lancar jaya juga untukmu ya :-)

      Delete
  10. Dilanjutkan terus ya Mbak,...Mudah-mudahan semangat Mbak Nunung dalam menulis, lebih banyaaaaak lagi memberi manfaat ya.

    Ditunggu buku solonya!
    Saya juga punya cerita seru tentang saya dan IIDN,...juga denganmu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aammin....makasih mbak dah mampir...
      btw, oh ya? asyik...ditunggu ceritanya ya...:-)

      Delete
  11. whiiii... keren bamged postingannya mbak nung!!
    aku rela koq ditularin virus hebatnyaa... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihhi, aku juga mau ditularin semangatmu mbak...btw, makasih ya dah mampir...:-)

      Delete
  12. MashaAllah! Wah 2 jempol buat Mbak Nunung..Walau cuma kenal di dunia maya, udah seperti temen lama aja..Mbak Nunung, selalu jadi penyemangat nulis saya. Meski sibuk ngurus keluarga, dakwah, tesis, tetep berprestasi di dunia menulis. Salut sama semua usaha dan prestasi yg mbak Nunung raih.Alhamdulillah.Semoga cita-cita dan doa mbak tercapai..aamiin..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, Aamiin mbak...jazakilah doanya...btw, setidaknya ingin fokus tapi diriku gak bisa, selalu nyambi2. he2. siip saling doa dan support ya mbak...:-)

      Delete
  13. subhanaLlah keren deh, bisa memenej waktu dengan baik, aku nih keteteran jadinya, ayo semangat terus...be number one

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih belajar mbak...mencoba bijak dalam setiap peran, meski banyak kekurangan di sana sini. yup, semangat!

      Delete
  14. Kereeen postingannya. Kalau sudah mampir kesini maunya berlama-lama. Hehehe.. Sukses terus ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. he2...gpp mbak...nginep juga silakan. he2 btw, makasih ya dah berkenan mampir...:-)

      Delete
  15. Alhamdulillah jika berfacebook menambah manfaat kan Insya Allah makin disayang suami dan anak-anak ya mbak. Selamat dan semangat berkarya ya, tetap istiqomah dan satu bisikan saya...tetap ingat untuk mendekap anak-anak dan bapaknya ;) Go mbak Nunung Nurlaela ({})

    salam hangat,
    afin murtie

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, terimakasih sudah mengingatkan. suami dan anak selalu jadi support bagi saya. Aamiin...terimakasih mbak Afin...salam hangat kembali, terimakasih sudah berkenan mampir...:-)

      Delete
  16. keren mbak...:)
    aku request, kasih tips ngatur waktunya dong mbak. posting di sini ya..
    he..he..tamunya ngga sopan;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, saya juga belum apa2 mbak...masih banyak kekurangan. masih belajar memenej waktu agar optimal disetiap peran. yuk sama2 belajar...:-)

      Delete
  17. Senangnyaaa... ini namanya berjejaring yang produktif ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he2, iya mbak Anna, semoga saya selalu bisa terus berkarya, dan semangat terus untuk belajar dan belajar. terimakasih sudah berkenan mampir mbak...:-)

      Delete
  18. sangat khas Nunung Nurlaela... rendah hati, menyimpan potensi dan kreativitas tak terkira.

    rasanya pasti sulit untuk tidak mencintaimu,sungguh pribadi yang amat pandai menghargai orang lain, pandai membuat orang jatuh cinta pada setiap kata-kata, pada sapaan dan pada perhatian yang mbak Nunung berikan pada siapa saja...

    Dirimu, mbakyu... tidak saja indah pada lahirnya, juga indah pada apa yang kau lahirkan...

    *hahahy... komen opo ki... xixixi... intine, aku padamu, mbaak...*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, ini pasti mbak LIza ya? saya hapal dengan kalimat indahmu mbak...selalu terpesona saya. terimakasih sudah mau mampir ya, aku padamu juga mbak...:D

      Delete
  19. Baru beneran nongol setelah sekian abad... maaapph. *kedip mesra

    Heeii.... mari kita saling mengpollooooowwww.... ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi...makasih mbak dah mampir...btw, aku gak menemukan follow nya mbak di blogmu, bingung...

      Delete

Terimakasih sudah membaca, Jika berkenan, Silakan beri komentar....:-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...